Private / Child Name Servers

Ketika anda membeli sebuah hosting, pasti anda harus mengarahkan domain anda ke name server yang disediakan hosting tersebut, misalnya ns1.hosting.tld ns2.hosting.tld. Sebenarnya anda juga bisa menggunakan name server sendiri, yang di namakan private name servers. Dengan private name servers dapat menggunakan name server domain anda sendiri, misalnya ns1.domainanda.tld ns2.domainanda.tld.

Cara untuk membuat private name servers atau child name servers ini cukup mudah. Sama seperti ketika anda menggunakan A record untuk mengarahkan domain. Untuk membuat private name server anda memerlukan IP dari name servers hosting. Cara untuk mengetahui IP dari name servers sangat mudah, anda cukup melakukan ping ke name servers tersebut, contoh ping ns1.hosting.tld. Setelah itu anda akan mendapat IP dari name server tersebut.

Setelah anda mengetahui IP tersebut, sekarang tinggal membuat child name servers dari Control Panel domain anda. Anda hanya perlu memasukan Host dan IP saja. Contoh, host: ns1, IP:192.168.0.1, host: ns2, IP:192.168.0.2. Setelah itu anda sudah bisa menggunakan child name server anda sendiri.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *