Hacker, Apa dan Siapa?

Hacker memiliki sejarah yang sudah sangat tua.
Bahkan dikatakan hampir sama tuanya dengan sejarah komputer itu sendiri.
Bahkan ada beberapa kelompok hacker yang lebih tua dari komputer itu sendiri seperti kelompok “phreaks” yang memiliki kemampuan khusus dalam membobol jaringan telepon.
Sekalipun hacker tipe “phreaks” ini tidak dapat dikatakan hacker sejati karena tidak membobol komputer, namung seiring dengan perkembangan teknologi telepon dari analog menjadi digital membuat kelompok ini makin mendekati cara kerja hacker.

Pandangan sebagian orang berpendapat bahwa hacker mempunyai budaya yang anarkis, dan kerap kali melakukan pembobolan untuk mencari keuntungan pribadi serta melakukan perusakan terhadap suatu sistem.
Pandangan ini tidak benar, karena apabila seorang hacker melakukan tindakan yang merugikan pihak lain seperti mencuri informasi atau menghancurkan suatu sistem, maka hacker tersebut disebut sebagai cracker, yang bersifat kriminal.

Hacker sendiri sebenarnya merupakan satu dari beberapa group yang bersifat underground karena tindakan hacking secara moral memang tidak disetujui sepenuhnya oleh sebagian orang.
Beberapa group underground sendiri adalah:

  • Hacker dan Cracker.
  • Para penulis Virus yang membuat virus yang kreatif dan terkadang mematikan dan sangat merusak.
  • Phreaks merupakan para hacker yang memiliki kemampuan khusus dalam melakukan hacking terhadap jaringan telekomunikasi.
  • Pembajak yang melakukan pembajakan terhadap program.
  • Cyperpunk berisi sekumpulan orang yang gemar membuat program enkripsi yang amat rumit, sehingga untuk memecahkan enkripsi tersebut dibutuhkan sebuah superkomputer yang luar biasa hebat. Kelompok ini sering kali menyulitkan FBI dan CIA dalam melakukan pengusutan kejahatan lewat Internet.
  • Anarkis merupakan kriminal sejati dalam dunia Internet. Mereka biasa menyebarkan semua informasi yang dilarang oleh hukum, etika, moral dan agama mencakup penyebaran obat bius lewat Internet, pencurian dan penyebaran rahasia negara/perusahaan, penyebaran ponografi, pembajakan software dll.
  • Cyberpunk mirip dengan anarkis dengan ditambah kegemaran (kemaniakan) mereka akan film science fiction.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.