Buang-Buang Energi

Kebiasaan malas beraktivitas, pola makan tidak sehat, apalagi ditambah dengan kebiasaan merokok, sudah pasti bikin tubuh kita jadi miskin energi. Namun selain itu, masih banyak lagi hal yang ternyata cuma buang-buang energi, seperti yang berikut ini:

1. Melihat ke Belakang
“Seandainya dulu tidak menerima pekerjaan itu…” atau “Kenapa ya dulu saya dengan mudah mutusin dia?”. Pikiran-pikiran yang cuma penuh penyesalan seperti ini yang tidak boleh terlintas di benak kita. Yang sudah lewat biarlah berlalu. Lebih baik energi tersebut kita salurkan untuk memikirkan masa depan atau melakukan aktivitas yang berguna.

2. Perfeksionis
Ingin hasil pekerjaan oke, sah-sah saja. Tapi kalau sudah kelewat perfeksionis apalagi untuk hal-hal sepele, ini yang gawat. Membaca email untuk klien sampai lima kali sebelum dikirim atau sampai ‘membongkar’ isi lemari hanya untuk mencari pakaian yang pas buat hang-out bareng teman, cuma buang-buang energi. Coba belajar untuk bersikap praktis namun tetap teliti. Pasti hidup jauh lebih menyenangkan.

3. Bukannya Tidur
Setelah seharian beraktivitas, tubuh kita perlu beristirahat. Namun beberapa dari kita mungkin memilih untuk menghabiskan waktu istirahat tersebut untuk jalan-jalan ke mall, clubbing sampai pagi atau menyelesaikan tugas kantor. Kondisi ini juga seringkali makin diperparah dengan asupan minuman berkafein dan junk food. Akibatnya otak dan mata dipaksa untuk bekerja terus-menerus, sehingga tubuh jadi kurang maksimal dalam mengumpulkan energi.

4. Ingin SegalanyaIngin jadi top manager, jadi pacar ideal, ingin ini, ingin itu. Kita bisa saja bekerja keras, lembur Sabtu-Minggu dan sukses dalam pekerjaan. Tapi segudang aktivitas ini bukan tanpa dampak. Kalau kita tidak bisa jaga stamina, akibatnya daya tahan tubuh kita jadi terancam. Belum lagi kehidupan pribadi kita jadi kurang perhatian. Kalau sudah seperti ini, pastinya yang rugi kita sendiri.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *