Iklan Terselubung Telkom dan XL

Ketika anda sedang membuka browser, pasti pernah melihat iklan yang terkadang tampil dibagian bawah layar. Terkadang bahkan anda akan ditampilkan iklan penuh dilayar anda. Ada juga yang mendapatkan error ketika membuka beberapa web.

Jika anda seorang pembuat website, sering anda bingung ketika ada iklan atau script yang error terjadi di website anda. Setelah anda memeriksa kembali dengan teliti script anda, ternyata tidak ada yang salah.

Jika anda seorang pengunjung, anda pasti berpikiran pemilik situs yang memasang konten iklan tersebut. Sehingga anda menyalahkan orang yang punya situs tersebut akibat dari pulsa yang hilang terpotong akibat iklan tersebut.

Sebenarnya, iklan tersebut berasal dari penyedia internet yang anda gunakan. Beberapa provider internet sengaja menyisipkan script iklan di halaman web yang anda buka. Sehingga tampak seperti iklan tersebut berasal dari situs yang sedang anda kunjungi.

Sebut saja telkom speedy yang memasang script di bagian bawah halaman sebelum tag </body>. Selain menampilkan iklan, script tersebut juga berguna untuk mengawasi aktifitas anda di internet. Script yang berasal dari u-ad.info tersebut merupakan milik telkomsel yang tentu saja bekerjasama dengan telkom.

Selain itu provider internet seluler Axis dan XL yang sekarang menjadi satu, juga mempraktekan iklan liar. Iklan yang mereka tampilkan dapat berupa satu layar penuh sebelum membuka halaman yang dituju, juga berupa iklan banner dibagian bawah.

Contohnya adalah iklan di situs wikipedia berikut https://www.facebook.com/10203005581295269

Screenshot_2015-04-22-17-14-37Screenshot_2015-04-22-18-56-35

 

Tandatangani petisi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *