Rahasia Kekuatan Masjid

Seperti yang kita ketahui, banyak masjid yang tetap berdiri ketika bangunan disekitarnya hancur terkena bencana. Banyak orang yang percaya ini adalah keajaiban atau kuasa Allah.
Tetapi apakah ada mesjid yang terbuat hanya dari bilik kayu yang tetap berdiri setelah terjadi bencana? Jika ada maka itulah yang disebut keajaiban sebenarnya.

Inilah rahasia kenapa mesjid dapat tetap berdiri ditengah bencana.

Letak yang strategis.
Letak masjid bisa menjadi salah satu penyebab bertahannya masjid tersebut. Biasanya masjid berada pada daratan yang lebih tinggi dibandingkan lingkungan sekitarnya. Adapun juga masjid diletakan ditengah pemukiman. Hal ini menyebabkan masjid menjadi lebih terlindungi oleh bangunan yang lain.

Struktur bangun masjid.
Jika kita lihat, masjid yang bertahan dari bencana adalah masjid yang besar. Tentu saja untuk membuat masjid yang besar diperlukan bahan yang bagus juga. Pembangunan masjid tidak seperti pembangunan pemukiman biasa. Masjid tersebut dibangun bukan untuk penggunaan sementara, tetapi untuk penggunaan jangka panjang. Apalagi jika masjid tersebut termasuk masjid yang megah, tentu saja dibangun dengan struktur dan bahan yang bagus juga.
Bahan dan struktur yang bagus akan meningkatkan kekuatan bangunan masjid tersebut. Apalagi jika masjid tersebut mempunyai tembok pagar yang mengelilinginya, tentu akan menambah kekuatan masjid tersebut dari serangan bencana.

Ruangan kosong.
Masjid merupakan sebuah ruangan kosong yang besar. Walaupun ada seseorang yang meletakan bom di dalam masjid, itu sama saja meledakan ruangan kosong. Apakah yang terjadi jika meledakan sebuah ruangan kosong? Yang terjadi adalah kerusakan pada ruangan kosong tersebut (tidak ada yang rusak, karena hanya ruang kosong).

Bukan target vital perang.
Masjid yang sekali lagi merupakan ruangan kosong, bukanlah target vital perang. Hal ini tentu mengurangi serangan ke masjid. Bahkan jika ingin membunuh ratusan orang ketika mereka sedang shalat, tidak diperlukan serangan yang besar. Cukup bom berdaya ledak sedang saja sudah cukup untuk membunuh orang di dalam masjid tanpa merusak bangunan tersebut. Ingat target perang adalah membunuh bukan merusak bangunan. Bahkan ada bom yang hanya membunuh makhluk hidup tetapi tidak merusak bangunan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *