Siapakah Anak Indigo?

meditation-geoPercaya atau tidak, banyak diantara kita yang terlahir memiliki kemampuan diatas rata-rata. Seperti kisah superhero, bedanya kemampuan ini lebih mengarah kepada hal-hal spiritual dan supranatural. Secara universal, mereka yang terlahir dengan kemampuan ini disebut dengan indigo.

Indigo berasal dari bahasa Spanyol yang berarti warna nila. Konsep ini pertama kali dikemukakan oleh Nancy Ann Tappe pada tahun 1970-an. Dalam bukunya Understanding Your Life Through Color pada tahun 1982 menjelaskan bahwa ia menyadari ada banyak anak yang lahir dengan aura indigo.

Anak indigo terlahir dengan kemampuan yang bersifat spiritual dan memiliki kecerdasan yang tinggi. Kebanyakan dari mereka memiliki bakat yang sangat luar biasa atau mempunyai kepintaran di atas rata-rata teman-temannya. Kalau hanya memiliki kecerdasan yang tinggi, anak itu dikatakan gifted. Kalau hanya memiliki kemampuan spiritual, maka ia disebut cenayang. Anak indigo memiliki kecerdasan yang tinggi dan kemampuan spiritual, oleh karena itu ia disebut talented atau berbakat istimewa.

Anak indigo juga mampu menunjukan empati yang sangat dalam dan mudah merasa iba serta tampak bijaksana untuk anak seusianya. Menurut para ahli, anak indigo adalah anak yang memiliki jiwa yang dewasa meskipun raganya masih anak-anak.

Dalam buku How To Raise An Indigo Child karangan Barbara Condron, ada beberapa hal yang menjadi ciri-ciri anak indigo yaitu:

  1. Memiliki daya ingat yang sangat baik dan memiliki kemampuan tajam untuk mengamati.
  2. Mampu mengorganisasi dan mendata informasi dengan sangat cepat.
  3. Bersifat cerdas dan kreatif.
  4. Lebih menyukai cara sendiri dalam mempelajari sesuatu, menggabungkan berbagai jenis informasi dengan cara yang inovatif serta kreatif.
  5. Ingin mengalami langsung suatu kejadian atau hal dan bukan sekadar membicarakan.
  6. Harus tertarik pada sesuatu untuk memusatkan perhatiannya, dan bila sudah tertarik maka ia akan memiliki energi yang tiada batas.
  7. Memiliki rasa harga diri dan integritas yang kuat serta sangat peka.
  8. Energi yang berlebihan menyebabkan perhatiannya cepat teralih.
  9. Mudah merasa bosan.
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.